penyebab android bootloop dan cara mengatasinya

 Pada post kali ini saya akan memberikan kalian sedikit ilmu cara mengatasi bootloop pada android.

Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang. Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan panik apalagi menangis.





Berikut beberapa penyebab android bootloop:

1. Gagal Flashing

Ini merupakan penyebab hp android menjadi bootloop. Solusinya yaitu dengan cara flash ulang dengan stock rom dari hp android anda.

2.  Memodifikasi Sistem

Perlu anda ketahui, ketika anda membeli hp android, anda hanya menjadi user biasa bukan super user atau maksudnya bukan administrator (kalau di windows). Karena jika anda mendapatkan hak akses root maka dengan itu anda dapat menambah, mengurangi sistem android yang dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem.
Ketika sistem tidak stabil maka ini merupakan penyebab hp android menjadi bootloop.

3. Overclock HP Android

Beberapa orang melakukan kegiatan overclocking pada hp androidnya untuk mendapatkan performa yang lebih baik, akan tetapi hal tersebut dapat menyebabkan sistem android menjadi tidak stabil.
Jika anda memang perlu overclock maka jangan terlalu tinggi dari standartnya, misalnya jika prosesor 1 Ghz maka boleh saja 1,2 ghz akan tetapi lebih tidak, untuk mengindari bootloop pada hp android.

4. Mengubah Isi Build.prop

Apakah anda mengikuti tutorial yang menyarankan untuk mengedit isi build.prop yang ada di sistem ? Jika ya, mungkin saja itu yang menjadi penyebab hp android anda bootloop. Ada baiknya sebelum mengedit sistem android adalah melakukan back-up, supaya bila terjadi kerusakan sistem maka dengan mudah kita merestore dari recovery.

Dan cara mengatasinya:

1. Restore (Jika anda melakukan backup sebelumnya)

Jika sebelum terjadi bootloop anda telah mengbackup sistem android anda lewat recovery maka ada baiknya untuk melakukan restore, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi hp android yang bootloop.
2. Flashing
Nah, kalau yang satu ini cukup ampuh yaitu dengan cara flash firmware stockrom ke hp android yang bootloop.

Itu saja mungkin pada post saya kali ini. semoga dapat merawat smartphone kesayangannya ya..
sampai jumpa pada post berikutnya :)